Jumat, 24 Januari 2014

Mentimun, timun, atau ketimun(Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae)merupakan tumbuhan yangmenghasilkan buah yang dapatdimakan. Buahnya biasanya dipanenketika belum masak benar untukdijadikan sayuran atau penyegar,tergantung jenisnya. Mentimundapat ditemukan di berbagaihidangan dari seluruh dunia danmemiliki kandungan air yang cukupbanyak di dalamnya sehinggaberfungsi menyejukkan.
Potonganbuah mentimun juga digunakanuntuk membantu melembabkanwajah serta banyak dipercaya dapatmenurunkan tekanan darah tinggi.
Habitus mentimun berupa herbalemah melata atau setengahmerambat dan merupakan tanamansemusim: setelah berbunga danberbuah tanaman mati.
Perbungaannya berumah satu(monoecious) dengan tipe bungajantan dan bunga hermafrodit(banci).
Bunga pertama yangdihasilkan, biasanya pada usia 4-5minggu, adalah bunga jantan.Bunga-bunga selanjutnya adalahbunga banci apabilapertumbuhannya baik. Satutumbuhan dapat menghasilkan 20buah, namun dalam budidayabiasanya jumlah buah dibatasi untukmenghasilkan ukuran buah yangbaik.
Buah berwarna hijau ketika mudadengan larik-larik putih kekuningan.Semakin buah masak warna luarbuah berubah menjadi hijau pucatsampai putih. Bentuk buahmemanjang seperti torpedo. Dagingbuahnya perkembangan dari bagianmesokarp, berwarna kuning pucatsampai jingga terang. Buah dipanenketika masih setengah masak dan bijibelum masak fisiologi. Buah yangmasak biasanya mengering dan bijidipanen, warnanya hitam.

Manfaat Mentimun

Mentimunmemiliki sifat diuretik, efekpendingin, dan pembersih yangbermanfaat bagi kulit. Kandunganair yang tinggi; vitamin A, B, dan C;serta mineral, seperti magnesium,kalium, mangan, dan silika; membuatmentimun menjadi bagian pentingdalam perawatan kulit. Masker wajahyang mengandung sari mentimundigunakan untuk mengencangkankulit. Asam askorbat dan asamcaffeic yang hadir dalam mentimundapat menurunkan tingkat retensiair, yang pada gilirannyamengurangi pembengkakan disekitar mata.

Sumber=wikipedia.org/wiki/Mentimun

Tagged:

8 komentar:

Masnady mengatakan...

Wah ternyata banyak juga ya mas manfaatnya. Tapi kebanyakan yang saya tau sih untuk bahan kecantikan mas.?

Ucu Nurodin mengatakan...

ia mas kalo ga buat ngerujak hahaa

ririn mengatakan...

blog ini http://id-blogger.cu.cc/ sulit dibuka. ada tulisan capcha, katanya dilarang forum spam :)

Masnady mengatakan...

Wah belum update lagi ya mas.?

Mahrus NET mengatakan...

ternyata ada manfaatnya juga ya mass

Wahyu Eka Prasetiyarini mengatakan...

wah baru tahu mas kalau mentimun banyak manfaatnya ;)

kiki mengatakan...

buat wajah bagus tuh emang gan.. klo paling suka kalo dibuat rujak hehe soalnya punya darah rendah :D

rachmat mengatakan...

banyak ya manfaatnya.. apalgi yang timun dibuat krai ya gan.. segerr