Sabtu, 07 Januari 2017

Assalamualaikum wr,wb sobat blogger semua akhirnya saya bisa menyempatkan waktu buat nge post di blog ini setelah sekian lama off dan sibuk didunia nyata, nah untuk kali ini saya mau kasih tips untuk pengguna smartphone hususnya smartphone android agar smarrtphonenya tetap lancar saat di pakai,

Taukah sobat kenapa kalau semakin banyak aplikasi yang terinstall di android kita akan semakin lemot pula kinerjanya? ya tentunyamasing masing aplikasi memerlukan ruang untuk beroprasi terutama pada bagian RAM semakin besar kapasitasnya semakin bagus pula kinerjanya dalam multitask, lha terus kalau kapasitas RAM pada androidnya kecil??  ini dia tipsnya.

1. Unistall aplikasi yang tidak terpakai

meskipun aplikasinya tidak terpakai atau jarang di buka namun aplikasi tersebut dapat berjalan di latar belakang dan pastinya akan memakai sebagian dari memory dan RAM Android sobat dan tentunya memperlambat kinerja android sobat.

2. Ruang pada MicroSd atau Memory

Tau ga sobat kalau kapasitas pada Memory juga berpengaruh pada android kita apalagi Memory sudah mau penuh dampaknya android kita akan berjalan lambat dan parahnya lagi kita tidak bisa menjalankan aplikasi dan aplikasinya dapat berhenti sendiri atau force stop, maka aturlah kapasitas memory bebasnya sisakan minimal 200MB. ini berlaku juga untuk memory ponsel juga ya.

3. Cache pada Memory

Sobat pasti merasa heran pada jumlah kapasitas yang terpakai pada memory sd kita yang tentunya file yang kita simpan jumlahnya sedikit tapi banyak memakai ruang pada memory sd, taukah sobat setiap aplikasi yang kita buka dapat meninggalkan jejak atau bahasa lainnya cache. Nah untuk yang satu ini sobat bisa mengandalkan aplikasi cleaner saya saranin pakai Ccleaner saja soalnya tidak terlalu besar memakai RAM  jadi android sobat akan tetap ringan dalam beroprasi.

4. Melakukan Factory reset

jika ponsel sobat masih lemot sobat bisa mengambil langkah dengan cara factory reset atau mengembalikan ponsel sobat seperti baru lagi, ini ada resiko nya ya ponsel sobat juga bisa kehilangan IMEI juga bootloop jadi biasakan BackUp system dulu sebelum meriset nya.

sekian dulu deh sob berhubung jam sudah menunjukan jam 02.00 WIB. saya sudahin dulu tulisannya semoga bisa membantu permasalahan Android sobat dan apabila ada pertanyaan bisa tinggalkan pada kolom komentar di bawah ya.


Assalamualaikum Wr Wb.

0 komentar: